Ekonomi dalam Pandangan Islam



"Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." Al-An'am : 165

Saat ini ekonomi menjadi pembahasan populer, dikarenakan nilai tukar Rupiah ke Dolar semakin lemah hingga menyentuh 14.250/dollar (kursdollar.net). Sebagian masyarakat menyalahkan pemerintah dengan tanpa alasan, sedangkan sebagian lagi berusaha belajar tentang ilmu ekonomi agar mampu membenahi diri.

Sebagian besar masyarakat indonesia adalah beragama Islam yang mengajarkan pemeluknya berperilaku sesuai dengan dasar Al-Quran dan Hadist, tidak diperkenankan bagi setiap muslim untuk berperilaku menyimpang dari pedoman dasar tersebut. lalu bagaimana islam memandang ekonomi?


Islam mempunyai pandangan jelas mengenai aturan Ekonomi dan telah tercantum dalam Al-Quran dan dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW, diantaranya adalah dilarangnya riba. Ekonomi dalam pandangan islam bukan hanya mencakup hal dunia saja. tetapi Ekonomi hendaknya dijadikan sebagai jalan untuk beribadah. Maka salah besar jika sebagian orang berkata Ekonomi tidak ada hubungannya dengan agama. dan karena itu hendaklah Ekonomi dibangun dengan dasar-dasar agama.

0 Response to "Ekonomi dalam Pandangan Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel