Langkah-Langkah Menyampaikan Program Kegiatan dengan Benar

Dalam menyampaikan suatu program kegiatan dengan benar perlu dibutuhkan beberapa langkah berikut ini. :

1. Mengemukakan Program secara Terperinci
Dalam dunia sekolah dan juga perkuliahan sering sekali ada acara atau event yang berupa kegiatan besar yang dilakukan baik oleh sekelompok panitia atau siswa-siswa sendiri. Tidak hanya itu terkadang seluruh jajaran sekolah dan kampus juga dilibatkan dalam kegiatan bila merasa sangat diperlukan. Banyak keuntungan dari sebuah kegiatan terutama untuk pembentukan sikap dan juga solidaritas serta tujuan dari kegiatan itu tersendiri.

Biasanya dalam sebuah event atau kegiatan akan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti susunan kepanitiaan baik itu yang bersifat pelaksana atau penanggung jawab. Maka akan ada pengajuan proposal kegiatan atau usulan kepada pihak yang berwenang biasanya ke sekolah atau kampus. Dengan adanya usulan proposal kegiatan maka akan ada izin tertulis jika disetujui dengan beberapa perbaikan atau bahkan ada penolakan.

Pada umumnya proposal terdiri atas berikut ini.
a. Latar belakang, berisi tentang kenapa kegiatan ini perlu diadakan, pentingnya apa dan atas dasar apa diadakan. 
b. Tujuan dan manfaat, berisi tentang hal-hal yang ingin dicapai jika kegiatan ini berjalan dengan baik dan dampak positif dari kegiatan itu apa.
c. Kegiatan, berisi berisi tentang kegiatan dari mulai awal persiapan hingga acara inti dalam pelaksanaan dan juga evaluasi-evaluasi. 
d. Panitia pelaksana, berisi tetang pembagian panitia besar menjadi cabang-cabang panitia yang bertanggung jawab pada masing-masing anggotanya.
e. Anggaran, berisi bagian paling sensitif dan mungkin bisa sangat diperlukan untuk penjelasan penggunaan dana dan juga pendapatan dan kekurangan serta rekapitulasi. 
f. Jadwal, berisi tentang tahapan acara yang akan dilakukan sesuai dengan jam yang disediakan dan juga tanggung jawab dari panitia yang ditunjuk.

2. Mengemukakan Informasi Tambahan
Kemukakan program kepada sebagian kelompok kemudian catat reaksi dan masukan serta tanggapan mereka untuk pengembangan program itu sendiri. 

3. Memperbaiki Program Berdasarkan Masukan
Perbaiki program dengan masukan dan tanggapan yang telah didiskusikan kemudian ajukan kepada pihak yang berwenang.


0 Response to "Langkah-Langkah Menyampaikan Program Kegiatan dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel