5 Hal Harus Dilakukan Guru Saat Ujian Kenaikan Kelas



1. Melakukan Tugas Kepanitiaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK)
jika seorang Guru ditunjuk untuk menjadi penata soal, penata ruang, atau pembuat kepengawasan ujian. Maka dia akan melakukan tugas kepanitiaan tersebut. Diantara tugas kepanitiaan Ujian Kenaikan Kelas adalah ; Penanggung Jawab, Ketua, Sekretaris, Bendahara, Seksi Distribusi Naskah, Seksi Pengandaan Naskah, Seksi Penata Ruang, Kepengawasan, Pengumpul Nilai dll.
Nah yang paling berat menurut saya adalah Seksi Penata Ruang, bukan hanya tugas berfikir tapi juga tugas fisik, mengangkat bangku-bangku menyesuaikannya menjadi ruangan ujian dan jumlahnya juga. membuat nomor meja dan kartu peserta juga. istilahnya membutuhkan tenaga banyak.

2. Mengawasi Ujian
hal yang tidak pernah lepas dari ujian adalah menjadi pengawas ujian. Sebenarnya menjadi pengawas ujian itu cukup mudah. yaitu dengan mengkondisikan ruang ujian agar berjalan sesuai dengan tata tertib ujian yang ada. namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya; jika ada kesalahan identitas siswa, jika ada kesalahan soal dan jawaban, dan yang paling sering yaitu jika ada murid yang berulah atau bertingkah mengganggu ujian yang sedang berjalan. mengkondisikan itu semua akan terasa mudah jika kita tahu trik dan caranya, seberapa pengalaman anda maka itu akan menambah profesionalisme anda.

3. Melakukan Piket Bagi Pemilik Mapel Ujian
piket biasanya dilakukan bagi guru mapel yang hari itu mata pelajarannya diujian. yang perlu dilakukan guru yang piket sebenarnya sederhana yaitu mendata pengawas ujian, murid yang hadir. istilahnya mencatat kehadiran semua peserta dan pengwas ujian, namun terkadang hal yang paling penting dilakukan guru piket adalah meneliti soal yang apabila ada siswa bertanya tentang soal tersebut, dikarenakan ketidakjelasan soal, gambar atau tabel dll. atau tidak adanya kecocokan antara soal dan jawaban.

4. Melakukan Koreksi Jawaban
ini salah satu hal yang harus dilakukan dengan cepat dan tepat dan benar. sebagian guru yang kesulitan adalah guru yang mengajar sedikit jam misalkan hanya 2 jam namun banyak kelas misalkan 12 kelas. maka bisa dibayangkan jumlah yang harus dikoreksi. berbeda dengan guru yang mengajar banyak jam misalkan 6 jam namun hanya 4 kelas.

5. Mengumpulkan Nilai Semua Semester
mengumpulkan nilai adalah hal yang paling sulit menurut saya. bukan hanya sekedar mengumpulkan nilai tapi kita harus selektif dan jujur dengan nilai tersebut. jangan sampai tertukar nilai dan nama murid. apalagi jika ada murid yang tidak pernah mengerjakan tugas dan remidi ualangan masih kurang. itu juga sulit, atau ada anak yang sering tidak masuk dan tidak menyusul pelajaran atau tidak meminta ujian. yang terpenting dari pengumpulan nilai adalah penyesuaian nilai formal dalam daftar nilai dan kegiatan pembelajaran. istilahnya penilaian autentik.

0 Response to "5 Hal Harus Dilakukan Guru Saat Ujian Kenaikan Kelas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel