5 Hal yang Biasa ditanyakan Dosen Penguji saat Ujian Skripsi



Berdasarkan pengalaman pribadi saat Ujian Sidang Skripsi, saya ingin berbagi kepada teman-teman semua tentang apa saja yang biasanya dipertanyakan oleh Dosen Penguji saat kita di persidangan skripsi mempertanggungjawabkan tulisan ilmiah kita.

1. Kesesuaian
Kesesuaian antara jumlah rumusan masalah dan pembahasan, kesesuaian antara abstrak dan kesimpulan, kesesuaian antara latar belakang masalah dan tujuan.
..
yang terjadi disidang saya, Dosen penguji menanyakan kesesuaian antara abstrak dan kesimpulan yang saya buat di akhir bab.

2. Penulisan
Kesesuaian penggunaan kata-kata ilmiah, susunan kata , penggunaan bahasa dan kalimat dan juga susunan dari skripsi itu sendiri (sesuai apa tidak dengan pedoman penulisan)
...
yang terjadi disidang saya, Dosen penguji mempertanyakan susunan kalimat yang salah, ketikan kata yang keliru, (hal-hal kecil seperti itu sangat rawan untuk diteliti oleh Dosen Penguji)

3. Penyampaian
Presentasi singkat tentang skripsi dan alasan pemilihan judul penelitian, presentasi ini biasanya wajib dilakukan dan terjadi di awal pertanyaan,
...
yang terjadi di sidang saya, Dosen penguji menyuruh presentasi sesingkat-singkatnya tentang pembahasan skripsi yang dilakukan.

4. Konsistensi
Ketetapan dalam menggunakan alat-alat ilmiah dalam penulisan, font , index , daftar isi , kutipan , daftar pustaka , resensi harus sesuai dengan pedoman penulisan yang diterbitkan sendiri oleh universitas atau fakultas
...
yang terjadi di sidang saya adalah penetapan catatan kaki yang tidak boleh berubah, formatnya.

5. Lampiran
Hal yang paling penting dalam penelitian adalah adanya bukti yang cukup berupa lampiran, kata dosen saya, jika penelitian itu kualitatif lampiran itu minimal 2 kali lipat dari isi skripsi, sedangkan kalau kuantitatif lampiran itu sama dengan isi.
...



0 Response to "5 Hal yang Biasa ditanyakan Dosen Penguji saat Ujian Skripsi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel