Perbedaan 5 hal Kurikulum Pendidikan Indonesia k13 (2013) dan Ktsp (2006)

sumber : https://radarbolmongonline.com

1.
Kurikulum k13 : terdapat KI dan KD, dengan adanya kompetensi inti maka peserta didik dituntut untuk mempunyai kompetensi spiritual dan afektif.
Kurikulum ktsp : terdapat SK dan KD, yang mana lebih mengedepankan kognitif dan psikomotorik siswa.

2.
Kurikulum k13 : pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode saintifik atau biasanya 5m (Mengamati, Menanya, Mengexsplorasi, Mengasosiasi dan Mengkomunikasi)
Kurikulum ktsp : pelaksanaan pembelajaran biasanya menggunakan metode yang student oriented dan tidak santifik seperti k13.

3.
Kurikulum k13 : buku paket terbagi menjadi dua, yaitu buku siswa dan buku guru, yang mana buku guru lebih menjelaskan kepada cara mengajar bukan isi dari pelajaran
Kurikulum ktsp : buku paket sama antara siswa dan guru dengan perbedaan guru memiliki kunci jawaban dari buku paket siswa tidak.

4.
Kurikulum k13 : penilaian sangat banyak baik dari segi cara dan macam penilaian, karena kompetensi yang diukur juga bertambah seperti contoh observasi, jurnal, penilaian diri atau sejawat, portofolio, produk, proses, tes lisan, tes tulis dll
Kurikulum ktsp : penilaian cukup hanya kognitif yang biasanya hanya menggunakan tes tulis atau lisan.

5.
Kurikulum k13 : bentuk nilai yang biasanya terdiri dari angka dan huruf serta deskripsi, yang mana angka hanya terdiri dari 0-4 huruf A B C dan D. kemudian disertai deskripsi dari kompetensi yang dicapai
Kurikulum ktsp : bentuk nilai angka saja yang biasanya terdiri dari 0-100, kemudian disertai kkm disetiap mata pelajaran.

0 Response to "Perbedaan 5 hal Kurikulum Pendidikan Indonesia k13 (2013) dan Ktsp (2006)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel