5 Cara Mengisi Waktu Liburan, Jarang Dilakukan Padahal Banyak Manfaat

Liburan memang sesuatu yang menyenangkan namun apalah daya ketika tidak ada kegiatan yang direncanakan dan disiapkan sebelum liburan. jika itu terjadi maka akan ada istilah Gabut, Mager, Galau, Gamos dalam liburan. Ada beberapa hal yang jarang dilakukan saat liburan, padahal sesuatu itu adalah sangat bermanfaat baik dalam segi pengalaman dan ilmu yang diberikan. berikut adalah hal-hal tersebut yang dapat mengisi waktu liburan menjadi berkenang:


1. Menjadi Relawan
Relawan atau orang yang rela berkerja tanpa ada imbalan uang yang sepadan, relawan ini dalam banyak hal, misal ketika ada bencana alam, atau ketika ada kegiatan organisasi atau masyarakat atau bahkan lembaga-lembaga pendidikan dan sosial.
Diantara yang menjadi pengalaman saya adalah menjadi relawan Panitia Idul Adha atas nama sebuah lembaga pembinaan keluarga dan Masjid. saya dan teman-teman diberi tugas mendistribusikan dan membuat acara keagamaan di daerah Malang selatan daerah pesisir pantai selatan. berhari-hari disana. mempunyai teman baru, kegiatan menyenangkan, tanggungjawab baru, masyarakat baru. Istilahnya benar-benar mengisi liburan yang bermanfaat dan sangat menyenangkan.

2. Mengikuti Pelatihan
bukan pelatihan yang berjam-jam. tapi pelatihan yang berhari-hari karena ini tujuannya adalah mengisi waktu liburan. pastikan kalian memilih pelatian yang sesuai minat dan bakat kalian agar kalian tidak merasa bosan.
Diantara yang menjadi pengalaman saya adalah mengikuti pelatihan keagamaan selama sebulan. disana saya bertemu dengan orang-orang yang baru yang mempunyai minat dalam agama lebih tinggi, memotivasi saya. sampai sebulan tidak terasa. seperti anak pondok saja pelatihannya. tapi dalam model mahasiswa sungguh menyenangkan

3. Membuat Challenge / Tantangan
bisa dilakukan bersama teman atau bisa dilakukan sendiri, pastikan challenge yang bermanfaat dan tidak merugikan orang lain. seperti ketika kamu liburan selama satu bulan, kamu membuat tantangan dengan dirimu sendiri akan menghasilkan 1 buku novel cerita yang kamu ketik tiap hari 5 lembar, kemudian akan dikumpulkan selama liburan menjadi 150lembar buku. dan kamu bisa buat tantangan liburan yang lainnya.

4. Mengikuti Lomba / Menghadiri Pameran
setiap kota pasti ada jadwal kegiatan yang diatur berdasarkan urutannya yang bisanya kalau zaman sekarang sudah tersedia di internet. kapan adakan ada lomba kapan akan ada pameran. coba ikuti dan hadir di dalamnya. misal di kota malang ini ada website yang menyediakan jadwal itu lihat dan pelajari mana jadwal yang cocok dan menarik untuk diikuti dan dihadiri, atau bahkan pergi ke kota lain di surabaya. dengan adanya website jadwal acara kota akan memudahkan anda untuk mengisi waktu liburan anda.

5. Mencoba Wirausaha / Kerja
hal yang tidak terfikirakan atau terfikirkan tapi hanya sebagian orang saja, yang mana terkadang liburan akan menghabisakan uang tapi menurut sebagian orang liburan adalah waktu untuk menghasilkan uang tambahan. lewat kerja sebulan pada waktu liburan atau menjadi wirausaha berjualan atau jasa.  hal-hal yang positif seperti ini akan membuatmu memiliki pengalaman lebih dan menjadi pribadi yang kuat.



0 Response to "5 Cara Mengisi Waktu Liburan, Jarang Dilakukan Padahal Banyak Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel