9 Cara Merubah Cerewet Menjadi Pendiam dan Misterius

Orang yang banyak bicara biasanya itu sedikit ilmunya, dalam artian bicara yang tidak perlu atau tidak bermanfaat. Diam itu adalah emas dan perhiasan bagi orang bodoh. Sedikit bicara Banyak berkerja. Orang yang seikit ilmunya akan banyak bicara Orang yang banyak ilmunya akan banyak bertindak. tadi adalah sebagian peribahasa dan kata mutiara dari sifat diam.

Menjadi pribadi pendiam dan tidak banyak bicara itu memang melalui pembelajaran. terkadang kita terlalu banyak bicara sehingga tidak terkontrol dan tidak sengaja melakukan kesalahan seperti menyakiti perasaan, menyingung, berbohong, memfitnah, berdusta, ingkar janji dan lainnya. Maka belajar untuk menjadi pribadi yang pendiam itu baik, berikut adalah cara merubah pribadi cerewet menjadi pribadi yang pendiam dan penuh misteri.

1. Berfikir Sebelum Berbicara
menjadi pendiam, langkah pertama adalah fikirkan apa yang akan dibicarakan, mulai dari 3 aspek filsafat saja, yaitu aksiologi epistemologi dan ontologi.
Ontologi yaitu hakikat dari pembicaraan ini apa? coba pahami, benang merah. jika hakikatnya baik seperti diskusi ilmiah, tanya jawab agama, maka bicaralah. namun jika hakikatnya buruk seperti gosip, hoax, fitnah dll, maka diam adalah solusi paling ampuh, meskipun anda diajak berpendapat.
Epistemologi yaitu cara anda berbicara mulai dari bahasa halus, nada bagus, sampai expresi berbicara dan susunan kata.
Aksiologi yaitu apa guna dan manfaat pembicaraan ini untukmu atau untuk orang lain. jika berguna dan sangat bermanfaat positif maka lanjutkan pembicaran itu.

2. Menyela / Memotong Pembicaraan Orang Lain
hal yang sangat tidak pantas dilakukan orang yang pendiam adalah memotong pembicaraan orang lain. Jangan bersombong diri meskipun itu bawahanmu maka dengarkan dengan baik penjelasannya sampai selesai. jika tidak selesai-selesai maka tunggu dia sampai mengambil nafas untuk berbicara atau tunggu dia berfikir sampai kehabisan bahan pembicaraan. baru tanggapi dengan sopan dan santun.

3. Menggunakan Kata Singkat Padat Jelas
saat berbicara maka gunakan pemilihan susunan kalimat yang tidak bertele-tele atau tidak mengulang-ulang kata yang telah diucapkan. usahakan menggunakan kata yang singkat padat dan jelas meskipun diminta menjelaskan kepadaat isi kata maka jelsakan dengan kalimat yang lain yang tidak sama dengan yang pertama pembicaraan.

4. Berlatih Diam / Menutup Bibir
usahakan diam disetiap tempat yang kamu tempati, jangan tertawa terbahak-bahak lebih baik tersenyum saja. usahakan bibir tetap rapat tertutup. kurangi kegiatan-kegiatan yang tidak berguna yang membuka bibir, seperti bernyanyi di kamar mandi, berbicara dengan diri sendiri, membaca pesan masuk dengan keras, dll.

5. Pendengar / Pemberi Solusi dan Saran
pendiam bukan berarti menjauh dari teman yang suka berbicara, tapi justru pendiam itu menjadi pendengar yang baik tanpa mengabaikan orang yang berbicara padanya. namun harus tetap menahan diri agar tidak banyak bicara. jika berbicara dia akan lebih memberikan solusi dan saran yang positif.

6. Menunggu Waktu Berbicara
menunggu waktu berbicara yang tepat adalah salah satu cara menjadi pendiam yang misterius, jangan terlalu mengawali perbincangan biarkan mereka yang membuat alur pembicaraan diawal lalu kita memberi warna ditengah pembicaraan itu.

7. Hobi Tidak Banyak Bicara
jangan bercita-cita jadi komentator bola, atau jadi pembawa acara di bidang gosip selebritis atau jadi apapun yang berkaitannya dengan banyak bicara yang tidak formal. kecuali jadi juru bicara kepresidenan itu hobi pendiam yang istimewa.

8. Tata Krama
sopan santun dalam ucapan dan juga dalam perbuatan kalau bisa disertai dalam pakaian dan hati juga. karena tata krama itu sejatinya dalam hati yang bersih kemudian muncul sikap-sikap yang menunjukan kebersihan hati itu.

9. Kata Cerdas, Direncanakan, Tanpa Mengalahkan
orang cerdas dan pendiam misterius itu sangat ditakuti karena cara bicaranya yang mampu menjelaskan apa yang telah terjadi dengan fakta lapangan secara saintifik dengan penjelasan 5w1h,= tanpa adanya rekayasa dengan penelusuran dan penelitian dari awal dengan tidak bertujuan mengalahkan pihak lain.

0 Response to "9 Cara Merubah Cerewet Menjadi Pendiam dan Misterius"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel