5 Cara Menghadapi Orang Selalu Menganggap Dirinya Paling Benar

Akhir-akhir ini di media sosial kita sering menemukan banyak orang yang selalu menganggap dirinya itu paling benar dan ketika komentar selalu mengajak kita berdebat dan menjatuhkan semua argumentasi yang bertentangan dengannya.

Perlu di berikut adalah 5 Cara Menghadapi Orang Selalu Menganggap Dirinya Paling Benar

1. Jangan Terbawa Emosi Namun Tetap Tegas
Biasanya orang yang merasa dirinya paling benar akan menghadirkan beberapa alasan dari pendapatnya yang sekiranya masuk akal mereka saja. Terkadang mengutip dari beberapa dasar hukum atau penelitian tanpa mempelajari hukum dan penelitian yang lebih kompleks.
Maksudnya ilmu yang didasarkan dari orang yang selalu menganggap dirinya paling benar itu masih sedikit. masih permulaan. jadi jangan terbawa emosi ketika menghadapinya cukup maklumi tapi tetap bersikap tegas ketika dia sudah melanggar aturan-aturan atau norma dan nilai hukum.

2. Dahulukan Teori dan Data Lapangan
Memang berpendapat itu boleh, tapi ketika pendapat itu membuat dirinya sombong dan paling benar, itu yang tidak boleh. Jadi ketika ada seseorang banyak berpendapat alangkah baiknya tanyakan teori dasar pendapat atau fakta dan data lapangan yang terjadi. Kamu juga bisa melawan balik pendapat dengan teori dan fakta data lapangan yang tidak sesuai dengan pendapat itu.

3.  Bukti Nyata
Kadang data dan fakta itu hanya terdapat pada tulisan tapi ketika pendapat orang yang selalu menggap dirinya benar itu ternyata tidak sesuai dengan bukti nyata di lapangan. maka bisa jadi dia akan berfikir ulang tentang pendapatnya

4. Lihat Dari Berbagai Sudut Pandang
Ketika orang merasa benar, maka jangan mengikuti alurnya dengan merasa dirimu paling benar juga. tetapi lihat latar belakang orang itu dengan pendapatnya. karena sudut pandang mereka berbeda.
misalnya,,, dia berpendapat Gula 1 kg 15.000 itu mahal sedangkan menurut kamu itu sudah murah.
kamu merasa paling benar karena harga gula itu sudah dibawah standar penetapan jual internasional, misalnya. Maka itu cara yang salah.
Cobalah lihat latar belakang kenapa dia menganggap mahal. Owh karena dia miskin, Owh karena didesanya banyak petani tebu. dll. dari sana kamu akan mulai memahami alur kebenaran dari pendapat lawan.

5. Jangan Debat dan Mencela
Hal yang tidak akan selesai jika diteruskan. Perdebatan yang tiada ujungnya. Ya setidaknya ada banyak hal yang lebih penting daripada meladeni orang yang sombong dengan ilmunya. namun disisi lain kamu jangan menjadi pencela. cobalah sabar dan lapang dada.

0 Response to "5 Cara Menghadapi Orang Selalu Menganggap Dirinya Paling Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel