Pihak-Pihak Yang Terlibat Dalam Suatu Diskusi

berdiskusi atau kita artikan dengan bertukar pikiran, yang mana kita sebagai manusia tidak mungkin tiba-tiba memiliki pemikiran yang sama semua dalam memandang sesuatu. dalam bahasa kerennya adalah prespektif dalam melihat satu hal antara yang satu dengan yang lain itu berbeda, cara pandang. nah diskusi ini penting dilakukan untuk bertukar pikiran. sehingga dapat memecahkan masalah bersama-sama tanpa merugikan pihak yang lain.

Pihak-Pihak yang mendasar dan terlibat dalam suatu diskusi adalah ;

1. Pembicara,
Pembicara adalah narasumber atau orang yang berbicara dalam sebuah forum diskusi. maka pembicara yang baik itu seharusnya menyiapkan beberapa syarat-syarat menjadi pembicara.
1) menyusun makalah yang merujuk pada fakta terakhir, baik lapangan atau teori
2) menyajikan makalah dengan baik, jelas dan meyakinkan
3) menjawab tanggapan baik berupa pertanyaan atau saran

2. Notulis,
atau lebih terkenal dengan notulen. yang mana bertugas untuk mencatat jalannya diskusi mulai dari awal hingga akhir baik pertanyaan dan tanggapan sehingga membuat kesimpulan. baik berupa hal-hal yang dibicarakan dan diputuskan dalam diskusi. Notulen adalah bentuk tidak baku dari kata asal notula.

3. Moderator,
Moderator atau yang kita kenal dengan MC. pemimpin diskusi. meskipun aslinya hanyalah sebagai penengah atau hakim dalam diskusi. tapi arah pembicaraan atau diskusi dipimpin oleh dia. nah sangat penting menyetahui syarat menjadi moderator yang baik. diantaranya
1) mengetahui aturan diskusi
2) sabar dan rendah hati
3) cepat tanggap, terampil, ramah dan adil

4. Peserta
meskipun bukan sebagai pemimpin tapi peserta adalah pihak yang sangat pokok dalam suatu diskusi setelah pembicara. dikarenakan tujuan dari diskusi itu sendiri adalah bertukar fikiran maka jika tidak ada pertukaran. bukan dinamakan diskusi lagi.

0 Response to "Pihak-Pihak Yang Terlibat Dalam Suatu Diskusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel