5 Cara Nyata Benar Menjaga dan Merawat Baterai Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak

Sumber Gambar : https://ecs12.tokopedia.net/


  • Jangan pernah pakai Charger tidak Asli
Nah ini yang sering bikin kita tidak terasa merusak Baterai atau merusak charger bahkan, pengalaman nyata pribadi, charger saya dipinjam oleh temen saya, karena masuk dan nyala jadi dia gunakan untuk mengcharger laptopnya padahal charger saya itu adalah notebook kecil, karena perasaan saya tidak enak. Saya berpura-pura kehabisan baterai. Saat dikembalikan charger saya panasnya bukan main, panas sekali. Dan tidak lama setelah itu charger saya rusak. Saat saya cek di service pusat yang rusak bukan kabel dan colokan tapi daleman,e charger di kotak besar itu, jadi tidak bisa diperbaiki terpaksa harus beli baru.
Kesimpulannya jika memakai charger yang tidak asli ada 2 kemungkinan Charger atau Baterai yang kalah. Maksudnya rusak. Cobak pelajari teknik elektro, disana ada Voltase Ampere dan Watt charger dan laptop yang berbeda disetiapnya.

  • Jangan biarkan Baterai menunjukan angka 0%
Sering kehabisan baterai, akan membuat baterai cepat soak dan rusak. Padahal kan biasanya sudah ada peringatan 7% biasanya disuruh mencharger. Atau bahkan 11% sudah disuruh mencharger. Pernah kejadian ini adekku kehabisan baterai gara-gara game. Kebayang kan game MOBA jaman sekarang gk bisa diganggu. Bisa sampai 1 jam untuk satu game. Nah ini pas ditengah-tengah game baterai udah lemah dan belum dicharge akhirnya blm sampai game berakhir sudah matilah , dan ternyata baterai soak dan rusak setelah dicharger esok hari kemudian tidak sampai beberapa menit yang awalnya 100% menjadi 5%. Rusak sudah.

  • Pilih dengan Baterai atau Tidak, Jangan dua-duanya
Pilih menggunakan baterai atau menggunakan listrik, jika menggunakan listrik lepas baterai. Karena sebaiknya baterai itu dicharger saat tidak digunakan.

  • Jangan charger ketika sudah full 100%
Sering dan mungkin tidak terasa kita mengcharger sampai full 100% tapi tidak kita lepas chargernya, atau malah dibiarkan , sehingga panasnya laptop mengalir ke baterai, membuat baterai cepat menurun ketahanannya.

  • Baterai baru jangan lupa dicharge lama dulu
Kebiasan disemua barang elektronik , kalau sudah beli yang baru yang ada baterainya harus disuruh charger lama dalam keadaan mati sebelum menggunakan , dikarenakan isi baterai kebanyakan masih kosong sehingga kita disuruh untuk menchargernya 5 jam sampai 8 jam terkadang.

0 Response to "5 Cara Nyata Benar Menjaga dan Merawat Baterai Laptop Awet dan Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel