Mengajar Bahasa Arab Pertama Kali di Thailand #11 Januari 2016

Hari ini adalah hari yang harus semangat  mata pelajaran bro,,, ngajar
Mulai dari pagi bangun subuh dan langsung ke masjid, tapi tak lupa bersih-bersih dll
Masjid seperti biasa sholat dan wirid seperti NU ,,,
Kemudian setelah itu saya ingin ke makam untuk membaca tahlil
Kemudian ada yang mengajak saya makan "zulkifli" namanya, saya ingin menolak karena pagi harus ngajar tapi dipaksa.
Kemudian kami makan dan sambil membeli makanan lebih untuk dibagikan ke saudara-saudara (zulkifli)
Setelah itu saya bersiap-siap mengajar,

07;30 para siswa apel, seperti biasa tiap pagi, dan ada guru yang mengisi ceramah di apel tersebut tentunya
Jam 08;00 saya ke ruang guru pengembangan pendidikan agama islam,
Kemudian saya di ajak ustadzah Fadzilah Sami untuk memperkenalkan diri dengan bahasa arab di depan kelas 9/2 , setelah itu kita bercakap-cakap
45 menit kemudian selesai, saya ada jadwal mengajar di kelas 9/3 khotobah ceramah, siswa yang saya ajar adalah putra sejumlah 23 orang laki-laki semua
Karena ini adalah pelajaran bagaimana membuat anak pintar dalam berceramah atau khutbah, lalu ditambah murid-murid yang laki-laki saja, saya langsung menggunakan metode praktek ke depan kelas untuk ceramah,
Tapi awalnya saya sudah memberi mereka kisi-kisi susunan ceramah, singkat
1, salam
2, bacaan hamdalah
3, bacaan sholawat
4, dalil (al-Quran/Hadits)
5, arti dalil
6, penutup
Setiap siswa atau pelajar kemudian maju ke depan dan membacakan dalil yang berbeda-beda, tak terasa sudah 45menit berlalu,
Selesai pindah kelas
Ada jam ngajar lagi 09;20 - 10;00
Mata pelajaran Bahasa Arab, kelas 7/1
Waktu itu adalah bab sedekah, saya menerangkan dengan cepat sedekah itu apa dan menggunakan metode ceramah dengan baca dan terjemah,  percakapan bahasa arab saya terjemahkan semua, kemudian saya tanyakan ada makna yang tidak difahami, kemudian saya terjemahkan satu-persatu kata...
Setelah itu saya ada jam mengajar pada pukul 13;10
Jadi saya memutuskan untuk kembali ke kamar/pondok asrama putra untuk istirahat dan menghabiskan waktu disana, kemudian sholat dhuhur yang dilanjutkan dengan mengajar
Kali ini saya mengajar kelas 9/1 saat masuk kelas terlihat murid yang begitu sedikit, saat saya tanyakan ternyata sebagian murid masih makan dan berada dikantin, karena jam pelajaran cuma 45 menit jadi saya tetap memulai pelajaran lama-lama pelajar mulai berdatangan satu demi satu,
Saya menggunakan metode baca dan terjemah
Karena ini adalah mata pelajaran baru dan bab baru tentang tanda-tanda gajah, saya kemudian menterjemahkan teks dengan bahasa melayu, satu persatu
Untuk pemahaman qiro'ah anak-anak saya menyuruh mereka berkelompok membaca tiap paragraf
Dan kelompok yang lain yang menterjemahkan
Pemahaman arti dan makna , kemudian saya menyuruh siswa menutup buku dan menterjemahkan apa yang saya ucapkan dalam bahasa arab.
Tak terasa 45 menit selesai karena paragraf yang cukup panjang untuk di terjemahkan
Langsung saya ada jam mengajar setelah itu 13;50 di kelas 5/1 puteri saya dengan cepat mencari ruang dan menuju kesana kemudian saya perkenalkan diri saya, dan mereka saya suruh memperkenalkan diri juga dengan nomor mejanya, menggunakan bahasa arab tentunya, lalu kami menterjemahkan satu halaman penuh tentang bab sekolahanku , kemudian kami latihan menulis , saya menyuruh mereka untuk menutup buku mereka kemudian saya bacakan kalimat agar mereka menulis dengan bahasa arab.
Selesai mengajar saya duduk santai di ruang guru di temani mengobrol dengan ustadz ismail yang menjabat dalam bidang kurikulum, dan pelajaran. Mengobrol tentang kuliah dia di indonesia dolo masa soeharto dan lain-lain
,,,
Sore , saya diajak keluar ke kota lamai oleh salah satu pelajar, dengan menggunakan motor, sialnya dia pelajar yang keren , jadi motornya di blyer di gas poll,,, angkat-angkat,,,
Hahaha tapi kita ketawa bareng, di kota lamai kita ke supermarket dan membeli barang-barang yang halal pastinya..
.
Setelah itu saya balik ke asrama

Maghrib sholat, Isya juga sholat seperti biasa ,,, tetapi saat pulang selepas sholat isya ada ustadz yang meminta bantuan kepada saya untuk mengajar anak-anak pondok setelah isya' tentang kalimat istifham bahasa arab

0 Response to "Mengajar Bahasa Arab Pertama Kali di Thailand #11 Januari 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel