Sholat Janazah di Thailand seperti Sholat Jum'at, Banyak Jama'ahnya #15 Januari 2016


Jum'at pagi, tidak ada hal yang special , seperti biasa, sampai tiba waktu jum'atan kemudiaan setelah itu sekitar jam 02 kami diajak sholat janazah 1 rombongan mobil , menempuh perjalanan jauh sampai 30 menit lebih , meskipun kecepatan yang kami gunakan lebih dari 80km/jam
Dan ternyata kita berada disalah satu sekolahan tempat PKL UIN Malang juga, dan saya kenal sekolahan ini, saya berusaha mencari teman-teman saya disekolahan ini, kalau tidak salah disini dihuni oleh 3 perempuan,
Uur, Fida dan siapa lagi lupa, lanjut tetapi ternyata saya bertemu dengan teman PKL dari sekolahan lain yang ikut sholat janazah disini, yaitu hadi dan temannya. Senang sekali, kemudian kami mengobrol sebentar, lalu sholat janazah dan berfoto bersama,

Seputar sholat janazah disini adalah hal yang sangat berbeda dengan di indonesia, disini sholat janazah diharuskan berada dimasjid, kemudian semua warga berkumpul tanpa diundang dengan jumlah yang sangat banyak, bayangkan saja saya dari provinsi lain ikut hadir bahkan, mungkin ratusan orang, bahkan saya sempat berfikir seandainya saya meninggal disini, saya akan senang karena disholati ratusan orang, kemudian bagi keluarga musibah memberikan sedekah kepada orang-orang yang sholat janazah dengan beras dan uang minimal 40bath, (kalau dirupiah kan sekitar 16.000). Saya juga bertemu dengan salah satu kepala sekolah yang mengantar kami pada waktu pelepasan mahasiswa PKL awal dulu, dan lain-lain
Setelah itu kami pulang ke sekolahan dan lanjut sebelum malam hari, disore hari saya diajak jalan-jalan malam di Ibu kota prov. Yala, ... Banyak cerita...
Mulai dari pisah dr rombongan
Kunjungan di masjid besar markaz
Beli kitab dan Yasin serta tukar kembali
Beli luk chin 3 macam 25 bath
Beli sepatu second 80 bath
Ketahuan, kalau disini merokok haram, dilarang
Ketangkep polisi/tentara dijalan
Jalan-jalan yang sepi dan cepat takut ada begal
Sampai obat gagah... ($ensor)
Dan pintu ma'had terkunci -_-
Lewat hutan dan sampai... Di asrama

istirahat

0 Response to "Sholat Janazah di Thailand seperti Sholat Jum'at, Banyak Jama'ahnya #15 Januari 2016"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel